Thursday, November 14, 2013

10 Sosok Hantu Wanita yang Menyeramkan di Indonesia

Keberadaan hantu wanita di Indonesia cukup menyeramkan dengan ragam sosok yang berbeda-beda. Kisah-kisah tersebut dibumbui oleh cerita pilu masa lalu hantu yang mati secara tidak wajar, terutama karena perkosaan.
Namun ada pula hantu wanita dengan derajat cukup tinggi dan dikenal sebagai mahluk gaib penguasa, seperti keberadaan Nyi Roro Kidul. Tidak hanya itu mahluk gaib wanita tersebut ada pula yang merupakan jelmaan manusia yang memiliki ilmu hitam.
Lalu seseram apa sih hantu-hantu wanita yang ada di Indonesia? Apakah ada yang phobia dengan keberadaan hantu wanita, yuk intip!

1. Palasik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgZuPvx1Dx0LNd0KePMwIxgOIEyJBI1WCUu9jVwUKKKphbEpQEJyJY3TSgfW8mCJZ89Nog8iF8dohkPMgzraGT3gIgdwvalYj-1h8Fuuc3q964rfyM6wG2RryYWwduAkvN5xe00kTSvck4/s1600/hantu+palasik.jpg
Menurut cerita Minangkabau, Palasik merupakan hasil jelmaan orang yang tengah menuntut ilmu hitam tingkat tinggi. Palasik sendiri membawa teror untuk para bayi. Ia disebut bisa memakan bayi hidup-hidup dalam kandungan, atau yang masih rapuh dan bahkan mayat bayi yang sudah dikubur. Palasik wanita pun begitu menyeramkan.

2. Kuntilanak
http://gambargambar.com/wp-content/uploads/2012/01/27/kuntilanak-lagi.jpg
Kuntilanak merupakan hantu yang berasal dari wanita hamil, dan meninggal saat melahirkan atau sebelum melahirkan. Hantu ini digambarkan sebagai wanita cantik berambut panjang dengan memakai baju putih. Kuntilanak sendiri kerap digambarkan suka menculik anak kecil dan membawanya ke atas pohon besar.

3. Sundel Bolong
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhaGd1O6HfvvR4o65H-uxAmVcIQj5UyqzGdNzUsxQAiaZoLtV-pirL5pyhGfP7x59ykKqtPCms5NQiHORTL2gJQwvR5AdFdCIt37VmqN3t3UWBg23REirv3IAUMfshOMC9St0w2flb5Lqs/s1600/sundel-bolong.jpg
Sundel bolong merupakan arwah penasaran dari wanita yang mati karena diperkosa dan melahirkan di dalam kubur. Namun ada juga cerita yang menyebut hantu ini adalah wanita yang terkena ilmu hitam sehingga melahirkan dari punggung. Dua-duanya tidak kalah menyeramkan.

4. Nyi Loro Kidul
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiCEBsNPw5dAsGyC3bJ_f8XQnFwE60xoJLqeTK_2NnxNZIwqm1z3hXC39n5COtlEWO0x0EWnT1o_ymzHvld3KRoIRej0n0a1LADjgQYPec4noNtRmsrBu-FMwQTHMbjo3aQmU6TVzo6rK8/s1600/nyai+Roro+Kidul.jpg
Menurut kepercayaan Nyi Roro Kidul merupakan penguasa pantai selatan. Ratu ini memiliki kekuasaan yang begitu besar dan dalam berbagai cerita disebut sebagai istri spiritural dari Raja dari Keraton Mataram.

5. Mak Lampir
http://www.tabloidbintang.com/images/resized/images/stories/img/film/mmp1_350_233.jpg
Sosok Mak Lampir identik dengan Gunung Merapi yang merupakan salah satu gunung aktif di pulau Jawa. Sosok misterius wanita tua dengan tongkat-nya ini begitu magis. Legenda Mak Lampir sempat diangkat dalam kisah Misteri Gunung Merapi dan juga Tutur Tinular yang tayang di salah satu stasiun TV swasta di Indonesia.

6. Suster Ngesot
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhTgRCzRGseoWc-09MFth_Lfj31h9fkDNzWbskZGVCDM5KtZ8vJjxyLDal179kAXJ1B-X5zjXZoQOP-yNPmZd8cE81fYtFrAgpqV5BLHJmgIPbeDPYbdwKyXjgOrcfmEb1txo2VH4y6s0EG/s1600/suster+forex.png
Hantu suster ngesot dipercaya muncul karena adanya sosok suster yang meninggal secara tidak wajar karena pemerkosaan oleh seorang dokter. Banyak yang percaya awal cerita ini berasal dari Rumah Sakit Umum Cipto Mangunkusumo. Namun ada juga versi lain yang menyebut hantu ini jelmaan suster cantik keturunan belanda bernama Norah yang memiliki ilmu gaib dan meninggal karena dihakimi masa dengan dipukuli kakinya hingga remuk.

7. Nyi Blorong
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgAHzv-Dd5aR2syZEJGzLfPJfiNvT8jXgX5E0c0B8h7JxnrIc4iEF8ge8UymkbZGefNGQ-qTM-SS53u1z9BKuNaw1OU3sG9FeiJN8Tj1BODFGCw1VY6jeyEzMApOckhruk8ipjkZ45DdSyY/s1600/nyi+blorong%2Bmustika+Ular.jpg
Nyi Blorong disebut sebagai ratu ular yang merupakan senopati Nyi Loro Kidul. Banyak yang mengidentikkan sosok ini dengan pencarian pesugihan. Sosoknya diceritakan mampu mengabulkan permintaan manusia dengan cara bersekutu dengan siluman tersebut.

8. Si Manis Jembatan Ancol
http://jejakandromeda.files.wordpress.com/2013/07/si-manis-jembatan-ancol-3.jpg
Jembatan Ancol memiliki cerita misteri dengan keberadaan hantu cantik yang sering disebut masyarakat sebagai Si Manis. Hantu tersebut merupakan jelmaan kembang desa yang mati tidak wajar setelah mengalami pemerkosaan. Ada yang menyebut sosok penunggu jembatan tersebut semasa hidup adalah Mariyam dan di versi lain Siti Ariah. Si Manis sendiri sempat diangkat menjadi sinetron yang cukup populer.

9. Hantu Casablanca
http://www.kisah-misteri.info/tinymcpuk/gambar/image/kuntilanak-merah-casablanca.jpg
Hantu Casablanca merupakan cerita rakyat tentang hantu penunggu terowongan Casablanca di Jalan Basuki Rachmat, Jakarta Timur. Terowongan ini terkenal angker dan awalnya disebut merupakan bekas kuburan masal. Banyak terjadi kecelakaan di terowongan ini dan banyak yang menyebut melihat wanita yang tiba-tiba menyeberang sehingga pengemudi banting setir dan menabrak.


10. Nenek Gayung
http://www.indonesianfilmcenter.com/images/gallery/galIdFC_20032012_77845.jpg
Cerita Nenek Gayung menghadirkan sosok nenek-nenek dengan tikar dan baju hitam dan berasal dari Wilayah Jakarta. Jika dimandikan oleh nenek ini disebut korban bakal meninggal. Ada pula cerita tentang anak kecil yang bertemu dengan nenek gayung dan menghilang serta ditemukan pingsan. Sosok mengerikan nenek gayung sendiri pernah diangkat menjadi film horor dan tayang di bioskop.