Monday, December 2, 2013

Latihan Sederhana Meninggikan Badan

Begitu Anda bisa membuktikan cara meninggikan badan secara alami, Anda tak akan lagi menghadapi masalah kepercayaan diri, punya peluang dalam karir, meningkatkan kewibaaan, dan pastinya lebih menarik perhatian lawan jenis. Tinggi badan setiap orang memang berbeda-beda. Hal itu disebabkan oleh beberapa hal seperti faktor keturunan dan gizi. Sudah jelas kalau faktor keturunan atau genetik sangat dominan ketika kita bicara soal ukuran badan. Menurut penelitian, gen dari sang ibu lebih berpengaruh membentuk ukuran badan si anak. Artinya, jika pada dasarnya sang ibu punya tinggi badan yang bagus, besar kemungkinan jika si anak bakal mewarisi sifat tubuh yang serupa.

Gizi dan Gaya Hidup Ideal

Tapi bukan hanya persoalan gen karena gizi juga berperan besar menentukan tinggi badan seseorang. Sebetulnya masalah ini sudah sangat jelas karena mau tak mau seseorang harus meningkatkan kualitas gizi supaya bisa membentuk ukuran badan yang ideal. Jika ingin punya ukuran tubuh yang ideal, beberapa asupan gizi yang penting meliputi magnesium dan zat kalsium. Dengan keseimbangan dari nutrisi dan gizi yang dikelola dalam tubuh, tulang bisa terbentuk dari kadar massa yang diharapkan. Sementara itu, nutrisi dan gizi harus diimbangi dengan gaya hidup sehat termasuk olahraga dan pola tidur yang cukup. Semuanya saling berkaitan satu sama lain karena tubuh terbentuk dari kebiasaan sehari-hari dengan pola yang teratur.

Memaksimalkan Struktur Tulang

Selama ini Anda mungkin mendengar beberapa anggapan kalau tinggi badan orang dewasa sudah tak bisa dimaksimalkan. Pendapat tersebut ada benarnya juga, meskipun ada beberapa poin mendasar yang perlu dipahami. Sebetulnya, tubuh mengalami proses pertumbuhan yang aktif dari usia anak-anak hingga sekitar 20 tahun. Tetapi bukan berarti bahwa ukuran badan tak bisa dimaksimalkan lagi setelah mencapai usia tersebut. Sebab persoalan tinggi badan sebenarnya terletak pada ruang pertumbuhan tulang pada tubuh. Jika dilatih secara teratur (olahraga), maka tulang-tulang akan lebih tegap sehingga tubuh menjadi lebih tinggi dari biasanya. Bisakah hal tersebut dilatih? Tentu saja sangat bisa.

Beberapa latihan yang direkomendasikan antara lain adalah Ankle Weights, Forward Spine Stretch, Pilates Roll Over, Cobra Stretch dan Vertical Hanging. Kita uraikan secara singkat penjelasan dari latihan-latihan tersebut.

· Ankle Weights

Latihan apa sih ini? Fokus utama dari latihan ini ialah bagian bawah tubuh. Intinya ialah meregangkan massa tulang rawan di daerah lutut. Caranya cukup mudah. Anda hanya butuh sebuah kursi untuk membantu proses latihan ankle weights. Lalu gunakan pemberat kaki yang dilingkarkan ke pergelangan. Sekarang, duduklah di atas kursi itu dengan posisi tegak dan kedua ujung kaki yang menggantung. Jadi, Anda sebaiknya menggunakan kursi yang agak tinggi. Selama duduk, ayunkan kedua kaki secara bergantian dan bertahap. Lakukan selama lima atau sepuluh kali, dan tambahkan beban pemberat sesuai dengan kemampuan terakhir yang dicapai. Dengan latihan seminggu tiga kali, diharapkan bahwa tulang rawan di bagian lutut akan semakin meregang dan bisa memperpanjang ukuran bagian bawah tubuh Anda.

· Forward Spine Stretch

Untuk melakukan ini, Anda hanya butuh matras atau alas yang empuk. Nah, duduklah di atas matras dengan posisi kaki lurus dan melebar. Kira-kira lebarnya sama dengan bahu Anda. Rentangkan kedua tangan lurus ke depan. Lalu membungkuklah hingga kira-kira kepala hampir menyentuh ujung kaki. Tak perlu dipaksakan dan lakukan dengan pernapasan teratur. Latihan ini dilakukan sekitar 4 kali dan upayakan menahannya selama sekitar 15 detik.

· Pilates Roll Over

Latihan ini juga dilakukan di atas matras atau alas empuk. Berbaringlah lurus dengan kedua telapak tangan menyentuh lantai. Lalu angkatlah kedua kaki perlahan-lahan hingga ke belakang. Targetnya ialah kedua kaki yang sampai menyentuh kepala bahkan hingga ke lantai. Memang latihan ini cukup sulit pada awalnya. Namun latihan ini bisa memperpanjang tulang belakang Anda.

· Cobra Stretch

Latihan ini dilakukan dengan posisi tubuh menghadap bawah. Gunakan kedua telapak tangan sebagai tumpuan, lalu angkatlah bagian atas tubuh Anda perlahan-lahan. Anda bisa meregangkan badan Anda sekuat mungkin. Lakukan dan tahan hingga sekitar tiga puluh detik. Anda bisa melakukannya tiga hingga empat kali.

· Vertical Hanging

Nah, ini adalah metode yang sangat populer untuk meninggikan badan. Anda membutuhkan palang besi yang kuat sebagai pegangan dari kedua genggaman tangan Anda. Di saat menarik badan Anda ke atas, lenturkan punggung sehingga latihan akan lebih maksimal. Latihan ini kelihatannya sangat mudah tapi lakukanlah dengan tepat dan perlahan-lahan. Setiap minggu latihan ini bisa dijalankan dan perlahan-lahan Anda pasti akan bisa melihat hasilnya.

Demikianlah beberapa latihan mudah untuk menambah tinggi badan Anda. Jangan lupa juga untuk menyeimbangkannya dengan makanan dan pola hidup yang lebih sehat dan teratur. Selamat mencoba.